Prospek Kerja 4 Prodi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro

UM Metro - Kuliah? Kuliah sebenarnya merupakan jenjang pendidikan yang banyak diimpikan oleh sejumlah orang dan sebagian yang beruntung dapat mencicipi bangku kuliah. Pastinya mendengar kata tersebut mungkin terbesit pertanyaan untuk kuliah di perguruan tinggi mana? Mengambil program studi apa? Nanti kerja apa?

Menentukan pilihan untuk kuliah di sebuah perguruan tinggi dan  memilih jurusan yang tepat bukanlah hal yang sepele bagi sebagian orang. Tidak sedikit orang kuliah hanya ikut-ikutan trend atau karena biaya yang murah dan lain sebagainya. Padahal pilihan program studi dan perguruan tinggi yang tepat adalah kunci kesuksesan seseorang ke depannya. Betapa tidak, orang yang berhasil memilih perguruan tinggi dan prodi yang tepat membuat dirinya dapat menggapai cita-citanya dengan baik. Hal ini lantaran setiap pelajaran yang ada di kampus, ia sukai dan pelajari dengan baik. Semakin hari minat belajarnya kian tumbuh, sehingga prestasi demi prestasi ia gapai dengan mudah.

Berbeda dengan kebanyakan orang yang kuliah hanya karena ikut-ikutan. Padahal ia tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut. Hari demi hari ia kian merasa kesulitan untuk mempelajari dan mengikuti perkuliahan dengan baik. Jangankan ingin meraih prestasi, meraih nilai yang standar pun ia bahkan hampir tak mampu. Hal ini bukan karena otaknya yang bodoh, namun karena kemampuan atau bakat yang ia miliki bukan di sana melainkan di prodi atau jurusan yang lain.

Oleh karena itu, sebelum menentukan pilihan prodi atau jurusan pada sebuah perguruan tinggi, sebaiknya analisis prospek kerja pada prodi atau jurusan tersebut. Semakin prospek kerja pada prodi atau jurusan yang akan dipilih sesuai dengan minat dan bakat, maka peluang menggapai prestasinya semakin tinggi.

Ketidaktahuan akan minat dan bakat yang dimiliki, serta prospek kerja dari prodi atau jurusan-jurusan yang ada di  perguruan tinggi akan menyebabkan merasa salah memilih prodi atau jurusan tersebut. Tentu hal tersebut tidak terpikirkan bukan. Berikut kami sajikan prospek kerja 4 Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Metro yang saat ini sudah terakreditasi B :

1. S1 Prodi Manajemen

Lulusan Prodi Manajemen memiliki prospek kerja yang cukup banyak seperti menjadi konsultan manajemen bisnis di berbagai perusahaan atau bisa juga menjadi Staff/Manajer di Bagian Marketing. Karna menjadi seorang yang bekerja di bidang pemasaran tentu saja menjadi spesialisasi prospek kerja manajemen yang memiliki konsentrasi di manajemen pemasaran. Untuk yang menyukai dunia usaha, lulusan manajemen juga bisa menjadi pengusaha dengan membuka lapangan pekerjaan dengan usaha mandiri. Bagi lulusan yang memiliki kemampuan berwirausaha maka dapat menjalankan bisnis dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

2. S1 Akuntansi

Lulusan Prodi Akuntansi memiliki prospek kerja yang luas karena akuntansi bisa dikatakan “nyawa” administrasi suatu lembaga. Besar kecilnya lembaga tetap membutuhkan akuntansi meskipun takarannya yang berbeda. Prospek kerja jurusan akutansi diantaranya adalah sebagai akuntan, konsultan pajak yang merupakan orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan,  perencana keuangan suatu lembaga, dan juga bisa menjadi pegawai bank serta masih banyak lainnya.

3. D3 Akuntansi

Sama hal nya dengan lulusan S1 akuntansi maka jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang cuklup banyak seperti menjadi Akuntan, staf keungan. Selain itu ahli madya akuntansi juga dapat bekerja di lembaga pemerintahan, organisasi swasta, dan lembaga seperti di Departemen Keuangan, BPK, BPKP, KPK, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak dan Kantor Wilayah Pelayanan Pajak di seluruh Indonesia, BUMN, BUMD, PMDN maupun PMA, staf ahli akuntansi dan pengendalian di dinas pemerintah provinsi, pemerintah kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Dan untuk lulusan diploma akuntasi juga bisa menjadi interpreneur muda.

4. D3 Keuangan dan Perbankan

Lulusan prodi ini memiliki kesempatan yang besar untuk berkarier di bidang keuangan. Prospek kerja di prodi ini sangat terbuka lebar. Profesi yang dapat bekerja sebagai manajer keuangan, perencana keuangan, manajer investasi, analisis keuangan, analis kredit, konsultan, maupun profesi lainnya yang terkait dengan kegiatan investasi dan keuangan.

Nah itu tadi prospek kerja 4 Prodi di FEB UM Metro. Jika ada yang berminat mendaftarkan diri pada tahun akademik 2019/2020, silahkan kunjungi website Penerimaan Mahasiswa Baru UM Metro di penmaru.ummetro.ac.id. Pendaftaran dibuka mulai 04 Februari hingga 20 Agustus 2019 dengan berbagai jalur. Ada jalur Bebas Tes dan Jalur Beasiswa khusus untuk Program Diploma pada Fakultas ini seperti D3 Akuntansi dan D3 Keuangan dan Perbankan.

Sebagai informasi FEB UM Metro saat ini terus berupaya meningkatkan kompetensi lulusan, melalui kerjasama dengan: 1) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) untuk ujian sertifikasi keahlian akuntansi. 2) Bursa Efek Indonesia (BEI) dan TICMI untuk ujian sertifikasi keahlian pasar modal. 3) Zahir International untuk sertifikasi akuntansi berbasis IT. (Bi/Hum)

 

KONTAK
Metro
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Kota Metro Kampus Universitas Muhammadiyah Metro P: (123) 456-7890
Email
info@ummetro.ac.id
Telepom
(0725) 42445
Kode Pos : 34111